Perawatan Perbaikan Komputer

RESUME
MEMBERSIHKAN KOMPONEN PC
membesihkan komponen PC adalah salah satu cara melakukan perawatan komputer. dengan membersihkan komponen PC ini diharapkan dapat mengoptimalkan fungsionalitas dari komponen itu sendiri dalam jangka waktu yang lebih lama. pada umumnya, kinerja dari komponen PC itu sendiri dapat terhambat oleh adanya kotoran. seperti pada barang-barang elektronik lainnya, melakukan pembersihkan komponennya dari debu merupakan hal yang "cukup wajib" agar barang elektronik tersebut daoat lebih awet.
berikut saya akan meresume tentang bagaimana cara membersihkan komponen PC sebagai tugas matakuliah Perawatan dan Perbaikan Komputer di prodi saya.

Untuk membersihkan kotoran tersebut dapat digunakan peralatan dan bahan yang sederhana seperti;
  • Penyedot debu mini 
  • Blower
  •  Kuas
  • Penghapus pensil
  • Kain kering atau tisu
  • Cairan pembersih / cleanerDisk cleaner 
  • Cd Cleanet
Sedangkan untuk alat perlu disediakan untuk memulai membersihkan komponen PC adalah:
  • Obeng
  • Tang
setelah PC dibongkar menggunakan obeng dan tang, kemudian komponen PC dikeluarkan dari casing. bersihkan komponen PC sendiri-sendiri. jauhkan komponen satu dengan komponen lain saat membersihkan, hal ini bertujuan agar debu pada komponen yang dibesihkan  nantinya tidak mengganggu komponen yang sudah/ belum dibersihkan lainnya.
a. Penyedot debu mini hampir sama dengan kuas dan blower yang digunakan untuk menghilangkan debu. Namun penyedot debu lebih mudah dan lebih bersih. Pada ujung penyedot debu mini dilengkapi dengan sikat dengan ukuran yang beragam dimaksudkan untuk menyesuaikan luas sempitnya sudut-sudut pada komponen. Alat ini sangat tepat digunakan untuk membersihkan rangkaian di mainboard dan di sudut- sudut casing komputer.
penyedot debu mini
 b. Kain Kering Atau Tisu dan Cairan Pembersih digunakan untuk membersihkan kotoran cair yang mungkin akibat softdrink, tinta atau air hujan yang masih segar atau belum mengering. Kotoran cair sangat berbahaya jika tidak segera dibersihkan karena jenis kotoran ini dapat menghantarkan arus sehingga dapat mengakibatkan hubungan pendek atau kerusakan fatal pada komponen PC. Sedangkan Cairan pembersih digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang sudah mengering seperti percikan dari tinta printer.
Lap dan cairan pembersih

c. Penghapus Pensil biasanya digunakan untuk membersihkan komponen yang memiliki lempengan berwarna kuning keemasan seperti RAM, LAN card, dll. penghapus pensil ini digunakan seperti pada fungsinya, digosok-gosokan secara hati-hati pada bagian kuning komponen RAM, LAN card dll hingga sedikit mengkilap.

d. Kuas merupakan peralatan yang digunakan untuk membersihkan debu atau sarang serangga. Selain itu kuas juga digunakan untuk membersihkan debu-debu yang menutup pada fentilasi casing. Kuas dapat juga digunkan untuk membersihkan motherboard dan sirip heatsink pada prosessor.


e. Disk Cleaner digunakan untuk membersihkan head dari diskdrive dari pengaruh debu atau kotoran yang menempel pada head floopy drive. Disk cleaner terdiri dari cairan pembersih dan floopydisk yang piringannya diganti dengan kertas

f. CD Cleaner prinsip kerjanya sama dengan disk cleaner yaitu dengan menggosok bagian yang berdebu atau kotor dengan cairan pembersih dengan memanfaatkan putaran. Beda cd cleaner dengan disk cleaner hanya terletak pada bentuknya yaitu pada cd cleaner menggunakan sikat kecil atau sirip yang dipasang pada disk.


untuk komponenny sendiri, komponen yang seringkali harus dibersihkan adalah sebagai berikut;
a. Fan dan Heatsink Fan 
Untuk membersihkannya anda bisa menggunakan kuas bersih Pada bagian Fan Heatsink CPU ini, pertama – tama kita harus memisahkan kedua bagian tersebut, buka fan yang menempel pada heatsink tersebut. Bersihkan heatsink dengan lap basah yang sudah disediakan, dan untuk membersihkan fannya gunakanlah cara yang sama seperti Fan casing.
b. RAM
Untuk membersihkannya Pada bagian ini, harus dilakukan dengan hati hati agar tidak merusak bagian dari RAM tersebut, pertama – tama lepas RAM dari socketnya, gunakanlah penghapus untuk pensil. Gosok perlahan bagian pin pin ram (yang berwana emas), di gosok perlahan hingga bagian pin terlihat mengkilat. Setelah itu bersihkan socket ram tersebut dengan kuas yang kecil.
c. Harddisk
Untuk membersihkan sebuah hardisk cukup mudah yaitu dengan kuas yang berukuran sedang untuk membersihkannya, lalu gunakan lap basah untuk membersihkan sisa sisa debu yang menempel.
d. Motherboard/ Mainboard
Untuk membersihkannya, kita bisa menggunakan blower/ kuas untuk menghilangkan debupada komponen ini
e. Casing  
Casing merupakan tempat terpasangnya semua komponen pada PC, dalam melakukan perawatan Gunakanlah Blower untuk membersihkan semua area yang ada pada bagian dalam casing terutama tempat dudukan mainboard.
 




0 comments:

Posting Komentar